Duduki Posisi Empat, Kawasaki Tidak Kejar Volume

Sampai saat ini, Kawasaki masih harus puas menjadi pemain otomotif roda dua nomor empat di Indonesia dari sisi penjualan. Meski begitu, selisih jumlah penjualan antara Kawasaki dan Suzuki yang menduduki peringkat ketiga hampir mendekati.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang Januari 2015 lalu Kawasaki telah melepas 10.782 unit motornya. Sementara Suzuki menjual sebanyak 11.389 unit selama Januari.

Meski terus memepet pesaingnya, Deputy Departemen Head Sales & Promotion Departement Marketing & Sales Division PT KMI Michael Chandra Tanadhi mengaku tidak menanggapi serius hal itu. Menurutnya, yang menjadi prioritas utamanya adalah bagaimana Kawasaki bisa memuaskan pelanggan.

“Terus terang kita nggak ngejar volume. Kita ngejar customer satisfaction (kepuasan pelanggan), sama diler mereka happy jual produk kita,” kata Michael kepada detikOto di Jakarta.

Meski begitu, Michael mengaku bangga bisa terus menempel pesaing di atasnya dengan selisih penjualan yang tidak sampai 1.000 unit. Namun, ia menegaskan Kawasaki tidak memiliki target untuk melampaui kompetitor.

“Senang sih udah bisa hampir nomor 3. Dengan segmen produk kita yang premium, yang notabene harganya mahal. Dengan angka segitu, should be very good. Kita enggak ada target untuk melampaui kompetitor, cuma lebih ke customer satisfication,” ujarnya.

Bahkan, karena tidak fokus untuk melampaui kompetitor itu, Michael pun jarang melihat kondisi market share. “Kita cuma lihat pas market down mereka (kompetitor) down enggak sih. Kita melihat data AISI cuma sebagai referensi aja,” akunya.